Kiat Sehat Makan Takjil saat Berbuka Puasa

BANYAKNYA takjil yang dijajakan di pinggir jalan jelang buka puasa, seringkali membuat orang lapar mata. Akibatnya, mereka tanpa sadar membeli hingga mengonsumsinya secara berlebihan.

Dokter gizi Dr dr Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, Sp.GK mengatakan bahwa takjil yang dikonsumsi berlebihan justru bisa memicu penyakit. Lantas, bagaimana cara sehat untuk mengonsumsi takjil?

"Takjil yang sehat itu jumlahnya tidak terlalu banyak dan tidak boleh dikonsumsi terus-menerus. Juga, tidak mengandung gula ataupun santan yang banyak," katanya kepada Okezone di Jakarta, belum lama ini. (Baca: Puasa Pekan Ketiga kok Makin Lemes)

Takjil untuk berbuka, imbuh dr Fiastuti, biasanya harus memiliki rasa manis. Apalagi, takjil sebenarnya digunakan untuk mengganti kadar gula dalam tubuh usai menjalani puasa seharian.

"Takjil ini kan digunakan untuk segera mengganti kadar gula. Kadar darah yang turun karena 14 jam tidak terisi makanan," tutupnya. (fik)


View the original article here

Terima kasih telah membaca artikel tentang Kiat Sehat Makan Takjil saat Berbuka Puasa di blog Artikel Kesehatan jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :